Doa Untuk Mendapatkan Keturunan (Anak)

QUESTION:

Mohon kepada Ida Bhagawan, kiranya dapat memberikan penjelasan kepada saya.

Pertama, doa permohonan untuk mendapatkan keturunan (anak). Dan apa pula dan syarat-syarat yang harus dijalani supaya doa bisa terkabul. Lalu doa-doa itu dapat dibaca dan dipelajari dalam kitab apa. Mohon petunjuk.

Kedua, saat ini, walaupun saya telah mengadopsi anak (perempuan) dan telah ditetapkan melalui keputusan pengadilan/ kantor catatan sipil. Lalu bagaimana dengan tradisi budaya Bali, apakah anak tersebut mempunyai kewajiban yang sama dengan orang tuanya, bagaimana menyangkut hak-haknya?

Ketiga, terkait dengan pertanyaan nomor 2 di atas, jika suatu saat saya ingin mengadopsi anak laki-laki. Apakah juga mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagaimana orang tua angkatnya?

ANSWER:

Masalah kelahiran, kehidupan, dan kematian semuanya di tangan Hyang Widhi. Manusia hanya bisa memohon ke hadapan Hyang Widhi. Untuk itu perlu diketahui bahwa kelahiran dalam Agama Hindu berarti re-inkarnasi roh leluhur.

Roh leluhur bisa ber-reinkarnasi bila sudah suci, yaitu sudah di aben-nyekah dan mepaingkup. Cobalah ditanyakan apakah para leluhur sudah diaben atau belum atau masih banyak yang belum di-aben.

Bila demikian halnya ini satu unsur penyebab. Saran ini tentu atas asumsi bahwa anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan tidak ada kelainan kesehatan.

Lakukan Puja Trisandya dan Kramaning Sembah/ persembahyangan terus menerus secara intensif untuk mohon dikaruniai putra. Mantram-mantram ini dapat diucapkan setelah Puja Trisandya:

OM BRHATSUMNAH PRASAVITA NIVESANO
JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO VASI
SA NO DEVAH SAVITA SARMA YACCHATVASME
KSAYAYA TRIVARUTHAM AMHASAH

OM AYU WERDI YASO WERDI
WERDI PRAJNYAM SUKA SRIAM
DHARMA SANTANA WERDISYAT
SANTUTE SAPTA WERDAYAH

OM DIRGAYUR ASTU TAT ASTU ASTU SWAHA

Artinya:

Hyang Widhi yang memberi kehidupan kepada alam dan menegakkannya, yang mengatur baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, semoga memberikan karunianya kepada kami keturunan dan ketentraman hidup dan kemampuan untuk menghindari kekuatan jahat.

Hyang Widhi, berkatilah kami dengan kebahagian, usia panjang, kepandaian, kesenangan, jalan Dharma, dan keturunan. Semoga terkabul Oh, Hyang Widhi.

Lakukan puasa minimal setiap purnama/ tilem, berbuatlah kebajikan sebanyak-banyaknya, dan pasrahkan hidup anda kepada-Nya.

Anak perempuan hasil adopsi akan dapat menyambung garis keturunan bila di kemudian hari ia menikah dan suaminya “nyentana” pada anda.

Untuk itu perlu dibicarakan sejak dini dengan keluarga dadia agar nanti diperkenankan turut mesanggah di warga dadia.

Bila yang diadopsi anak laki-laki sudah tentu hak dan kewajibannya sama seperti anak kandung laki-laki.

1 comment to Doa Untuk Mendapatkan Keturunan (Anak)

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>