Makna Mimpi

QUESTION:

Apa makna mimpi?

ANSWER:

Mimpi pada hakekatnya adalah ‘pengalaman’ dan ‘ramalan’ sebagai suatu sinyal yang disampaikan oleh Kanda-Pat kepada Atma (Roh) ketika kita tidur.

Sebagaimana diuraikan dalam Lontar Tutur Panus Karma, maka ketika kita tidur, Kanda-Pat (ari-ari – getih – lamas – yehnyom) yang dahulu menemani kita di dalam kandungan Ibu dan setelah lahir menemani kita terus di alam skala (walau tak berwujud), keluar dari tubuh kita, dan kadang-kadang mereka mendapat sinyal-sinyal tertentu dari alam ‘swah-loka’ untuk disampaikan kepada atman.

303 comments to Makna Mimpi

  • 71
    Ngurah Putra says:

    Ratu Pandita, tityang sampun mecaru, durung wenten 2 bln mangkin, santukan nike ruma baru selesai di bangun,tepatnya Purnama kepitu titiang sampun mecaru

    • 71.1

      Inggih yen sampun mecaru, indayang takenang ring sane muput dumun, napi jenis carune punika. Napi ke sampun sesuai dengan “kepanesan pekaranganne”. Misalnya tanah sandang lawa, carune patutne rsi-gana, dst. Pandita nyingakin deriki sekadi ten wenten caru. Ampura.

  • 72
    I Putu W says:

    Om Swastyastu,

    Waktu remaja saya pernah bermimpi :
    Saya diajak seorang tua naik menapaki tangga, sampai ujung paling atas beliau bilang “ini tingkat ke tujuh paling atas”
    Terus beliau mengajak saya turun dan sangat gelap.
    Beliau bilang “ini tingkat ke tujuh paling bawah”
    Akhirnya entah bagaimana saya keluar di sebuah pancuran di daerah saya. Disana saya dimandikan dengan kepala di ikat ilalang. Saya diberi sesuatu berupa : batu hitam, jimat puith, buku & keris.
    Yang saya tanyakan Ratu :
    1. Adakah arti mimpi saya ini? Karena masih jelas dalam ingatan saya.
    2. Kalau ada saya mohon petunjuk apa artinya?
    Demikian atas bantuannya saya ucapkan banyak terimakasih.

    • 72.1

      Om Swastyastu,

      Keatas tingkat tujuh dan kebawah tingkat tujuh adalah simbol sapta ongkara dan sapta patala. Itu adalah jalur-jalur penapakan spiritual. Karena ini diimpikan ketika remaja, apakah sekarang sudah terwujud ? Kalau belum, anda “diminta” untuk mulai belajar/menekuni bidang spiritual.

      Om Santih, santih, santih, Om

  • 73
    Made Jayadi says:

    Om Swastiastu, Maaf sebelumnya, saya tidak bisa berbahasa Bali halus, jadi saya pakai bahasa indonesia saja. Saya tinggal di Sulawesi Selatan sudah 21 Tahun lamanya, suatu hari saya pernah bermimpi diberi sebuah Permata oleh tiga orang Raja Gowa, dalam mimpi tersebut seorang dari tiga raja tersebut bilang hanya saya saja yang bisa pakai permata tersebut bahkan seseorang Petinggi Sulsel minta permata itu dilarang oleh raja Gowa. Saya penasaran sudah sekian lama mimpi itu terus saya ingat sampai sekarang dan
    Suatu siang di tempat kerja saya pernah bincang-bincang sama orang kalau saya pernah mimpi itu dan disarankan membuat sarana doa seperti teh, kopi, bunga warna-warni dan dupa setiap malam Jumat untuk minta petunjuk.
    Jumat pertama saya mimpi diberi sebuah peta…
    Tambah penasaran, minta lagi petunjuk karena peta tersebut tidak ada nama jalannya.
    Jumat selanjutnya (saya lupa jumat ke berapa) saya diberi petunjuk yaitu 8 kilometer dari rumah, Saya keliling cari ukur ke Selatan, Utara, Timur sampai dimana 8 km. AKHIRNYA saya dapat tempat tsb persis spt dlm mimpi itu di Barat. Jadi bagaimana cara selanjutnya agar Permata tsb bisa ke tangan saya?.
    Terima kasih, Om Shanti Shanti Shanti Om.

  • 74
    Gede Ary Pradnyana says:

    Om Swastiastu, Selamat pagi Ida, waktu hari kamis pengrupukan Nyepi saya bermimpi memberi makan seekor macan/harimau dimana persepsi saya waktu bermimpi harimau trsebut dipelihara oleh seorang wanita dan dikandangkan di tengah padmasana,pura yg letaknya di lantai dua sebuah bangunan (tapi bukan bangunan saya) saya memberi makan harimau tersebut burung, ayam, stelah sya beri makan harimau trsebut balik ke kandangya.
    kira-kira apakah artinya?
    Suksma……..

    • 74.1

      Om Swastyastu,

      Itulah ciri kedatangan hari pecaruan/tawur kesanga, yakni prosesi nyomia bhuta. Berarti anda mendapat pelajaran/petunjuk dari roh-roh suci, hal mana patut diperhatikan dengan makin giat mempelajari agama dan menjaga budi pekerti yang baik.

      Om Santih, santih, santih, Om

  • 75
    Clara Shinta says:

    Om Swastiastu,

    Sebenarnya saya bukan orang Bali ataupun beragama Hindu, namun saya sangat tertarik untuk belajar mengenai Hindu. Kemarin, 28 Maret 2012, setelah bangun tidur dan dalam keadaan sadar, tiba-tiba saya mendapat semacam penglihatan, dimana saya terbangun bukan didalam kamar saya tetapi didalam sebuah Pura. Pura itu berada diketinggian, berhawa sejuk dan disekeliling Pura begitu tenang, sepi dan hijau. Saya melihat saya sedang berdoa dengan kekasih saya yang memang orang Bali. Posisi saya berada disebelah kiri kekasih saya. Kami sedang berdoa dengan khusuk dan hening. Posisi tangan kami berada dikening dengan sebuah dupa ditangan kami. Pakaian yang kami gunakan adalah pakaian adat Bali berwarna putih dengan hiasan emas. Saat itu saya merasa hangat, damai dan tenang sekali saat melihat itu. Penglihatan itu hanya terlihat kurang dari 1 menit. Dan saat sadar saya sudah berada dikamar saya lagi. Yang jadi pertanyaan saya mengapa saya bisa mendapat penglihatan seperti itu..?? Apakah arti penglihatan itu..??

    Semoga Ratu bisa membantu saya dengan kebingungan saya ini.

    Sukma Inggih… :)

    • 75.1

      Om Swastyastu,

      “Penglihatan” seperti itu merupakan awal perjalanan hidup yang akan anda tempuh. Dalam hal ini roh suci yang ada didalam diri anda telah “melihat” lebih dahulu apa/sesuatu yang akan dialami. Dengan demikian ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan akan tiba nanti pada saatnya anda menjadi pemeluk Hindu.

      Om Santih, santih, santih Om

  • 76
    Eka says:

    Om swastiastu

    Ida Bagawan
    Sya bermimpi
    (Tdak jelas tempatnya dmana)
    Sya bersahabat dengan Sri Krisna
    Yg berkulit biru
    Di mimpi itu Sya ngobrol2,bermain2 dengan sri krisna.
    Apa makna mimpi tersebut?

    Trimakasih ida bagawan.

    • 76.1

      Om Swastyastu,

      Artinya pendakian spiritual anda sudah bagus. Teruskan menuju tingkat yang lebih tinggi, dan lebih memantapkan trikaya parisudha.

      Om Santih, santih, santih, Om

  • 77
    netha says:

    Om swastyastu Ratu Bhagawan,

    Sejak kecil saya sering bermimpi ditemani 3 ekor harimau kecil saat bermain.Harimau itu mempunyai nama, dan saya selalu lupa saat terbangun..mimpi itu selalu terulang saat saya sedang tertimpa kesedihan atau stress. Begitu dewasa mimpi itu masih tetap muncul namun harimau itu tumbuh besar juga seiring usia saya..
    Terus terang lama lama saya takut mengalami mimpi seperti itu…
    Apa sebenarnya arti mimpi saya ini…
    Terima kasih sebelumnya….

    • 77.1

      Om Swastyastu,

      Tidak perlu takut, karena itu ciri yang bagus. Bahkan “persahabatan” dengan ketiga harimau itu agar lebih ditingkatkan karena mereka menjaga keselamatan anda. Ketiga harimau itu adalah simbol Ahamkara, Manas dan Budhi, yakni tiga unsur niskala yang berada dalam inti roh/atman anda.

      Om Santih, santih, santih, Om

  • 78
    I Putu mahariyasa says:

    Om swastiastu ratu begawan,
    Sekitar 5 bulan yang lalu tyang bermimpi penungun karang tyang roboh ( bagian atasnya)…. Lalu tyang langsung mencakupkan tangan memohon ampun….punapi arti mimpi tyang Nike…???
    Sukma atur titiang ratu begawan

  • 79
    Dwi says:

    OSA Bapak Bhagawan Dwija,
    Ty sudah 3 hari niki mimpi berturut-turut bapak ty yang sudah meninggal. Napi artinya? Hari pertama saja saya buat sodan, hari ke-2 dan ke-3 belum. Sebelumnya tidak pernah berturut turut seperti ini.
    Kemudian saya pernah bermimpi bertemu Budha (biksu) jumlahnya banyak sekali dan saya mengikuti ucapan “Budha Mahetreya”. Apakah artinya? Saya Hindu Bali.
    Suksme..
    OSSO

    • 79.1

      Om Swastyastu,

      Mimpi ayahanda; sudah sampai dimana upacara pitrayadnya-nya ? Mungkin ada yang belum/kurang
      Bertemu dengan para bhiksu : akan mendapat simpati/nasihat dari orang-orang suci.

      Om Santih, santih, santih, Om

      • Dwi says:

        Om Swastyastu,
        Matur suksme atas jawaban Bapak Bhagawan Dwija.
        Bapak ty sdh sampai upacara nyekah, meajar2, dan sudah ngelinggihan di Hyang Ibu. Apakah pantas saya sebagai anak perempuan yang sudah keluar menanyakan hal ini kepada orang pintar? Sy hanya punya satu saudari perempuan, yang laki2 sudah meninggal tahun 1996. Saya khawatir mengajak ibu sy, takut kalau dia sedih. Mohon saran Bapak Bhagawan Dwija tentang hal tersebut.
        Sukme..
        Om Santih, santih, santih, Om

  • 80
    manik says:

    tiyang mimpi

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>