Om Swastyastu

QUESTION:

Beberapa tahun yll. pada Harian Bali Post pernah didebatkan mengenai salam umat Hindu, yaitu: Om Swastyastu.

Ada yang mengatakan bahwa kalau kita mau memberikan salam kepada sesama manusia tidak usah menggunakan kata Om tapi cukup dengan Swastyastu saja atau dengan salam yang lain, karena Om tersebut berhubungan dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa. Kalau menggunakan kata Om berarti kita menyamakan manusia dengan Ida Sanghyang Widhi Wasa.

Kalau di India ada istilah Namaste yang artinya hormatku kepadamu yang digunakan untuk menghormati/ memberikan salam kepada sesama manusia. Kemudian ada kata Namaskar yang artinya saya menghormati Tuhan yang bersemayam dalam jiwamu dengan ketulusan hati.

Kesimpulan tulisan di koran tsb. adalah sambil jalan kita mencari istilah yang lebih sesuai. Bagaimana menurut Ida Pandita?

Pernah ada seorang teman berkata: orang itu rajin sekali ke Pura/ sembahyang tetapi dalam sehari-hari dia korupsi, menipu, dan berselingkuh. Menurutnya ini karena setiap ia sembahyang penekanannya hanya pada permohonan seperti agar sehat, selamat, atau mendapat jabatan.

Teman itu juga menyarankan agar setiap sembahyang menyebut nama Hyang Widhi. Kalau toh memohon disarankan agar permohonannya sebatas agar kita bisa senantiasa ingat kepada-Nya dan menyenangkan-Nya. Beberapa tahun terakhir, itulah yang saya lakukan. Bagaimana menurut Ida Pandita?

Sejak kapan mantram Gayatri diganti atau ditambah menjadi enam bait yang disebut Trisandya, dan mengapa diubah? Trisandya artinya sembahyang tiga kali. Kalau misalnya ada pemangku mengajak kita ngaturang Puja Trisandya pada saat sembahyang di pura pagi hari, maka dapat diartikan marilah kita sembahyang tiga kali. Mengapa dinamakan Trisandya?

Demikianlah atas penjelasan Ida Pandita saya ucapkan terima kasih.

ANSWER:

Makna OM dalam ucapan Om Swastyastu, adalah: Semoga sejahtera dalam lindungan Hyang Widhi.

Hati-hatilah dalam mengadaptasi sesuatu yang berasal dari India, karena ritual Agama Hindu di India dengan di Bali sangat berbeda. Perbedaan itu karena di India terdapat puluhan sekte-sekte yang masing-masing mengembangkan tafsir terhadap Weda.

Weda memang sama, baik di India maupun di Indonesia/ Bali; namun karena Weda ditafsirkan oleh para Maha Rsi yang tidak sama, maka masing-masing Maha Rsi itu mengembangkan tafsirnya sehingga lama kelamaan kelompok-kelompok pengikut Maha Rsi ini membentuk sekte-sekte.

Kita di Bali sejak dahulu (awal abad ke-8) telah menganut Sekte Siwa Sidanta, namun sudah berbaur dengan paham-paham Bodda, Waisnawa, dan tradisi-tradisi lokal. Suatu kelompok penganut Agama dinamakan sekte tertentu bilamana Tattwa, Susila, dan Upacara Agamanya mempunyai ciri-ciri khas atau berbeda dengan yang lain.

Oleh karena itu JANGAN MENGANGGAP HINDU DI INDIA ITULAH SATU-SATUNYA YANG ASLI HINDU lalu berpendapat keliru bahwa tradisi yang di Bali perlu diubah atau diganti. Hal ini perlu diingatkan kepada generasi muda Hindu di Bali.

Doa kita dalam bersembahyang sebenarnya hanya dua hal, yaitu pernyataan terhadap kebesaran/ kekuasaan Hyang Widhi, dan pasrah serta mohon pengampunan atas dosa-dosa. Ada baiknya jika dikutip Sloka XII.5/106 dari Arjuna Wiwaha:

HANA MARA JANMA TAN PAPIHUTANG BRATA YOGA TAPA, ANGETUL AMINTA WIRYA SUKANING WIDHI, SAHASIKA. BINALIKAKEN PURIHNIKA LEWIH TINEMUNIYA LARA. SINAKITANING RAJAH TAMAH, INANDEHANING PRIHAT.

artinya: Ada orang yang tidak ber-dana punia, tidak mengekang indria, tidak menggelar tapa dan yoga, serta merta memohon kemuliaan kepada Hyang Widhi, maka dikembalikanlah/ tidak dikabulkan doa permohonannya itu bahkan mendatangkan kesengsaraan dan disiksa oleh sifat-sifat loba/ rakus dan sakit hati/ dengki.

Jadi selain bersembahyang dengan pedoman di atas, juga perlu ber-dana punia sebagai bagian yang tidak terpisah dengan perbuatan dharma.

Puja Trisandya adalah puja yang dirumuskan pemeluk Hindu di Indonesia/ Bali di mana mantra pertama diambil dari Rg. Weda III.62.10, mantra kedua diambil dari Catur Weda Sirah (Narayana Upanisad). Puja berikutnya diambil dari Siwa Stawa. Mantra pertama itulah yang disebut Mantram Gayatri.

Jadi Puja Trisandya adalah kumpulan puja mantra, bukan pengembangan atau perubahan mantram Gayatri. Trisandya berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya: Tri = tiga, Sandya berasal dari kata Sandi = hubungan/ penyatuan. Keseluruhan berarti menyatukan kesucian bathin dengan menghadap Hyang Widhi dalam tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari.

Dalam Ensiklopedi Americana disebutkan bahwa Trisandya itu nama suatu tempat suci pemeluk Hindu di Kashmir.

Melakukan puja Trisandya merupakan kewajiban setiap hari bagi orang Hindu di Indonesia/ Bali karena termasuk Nitya Karma Yadnya.

Persembahyangan yang dilakukan di suatu waktu khusus dinamakan Naimitika Karma Yadnya, misalnya persembahyangan odalan, hari-hari raya tertentu, dll.

Bilamana Jero Mangku mengajak melaksanakan Puja Trisandya itu maknanya adalah: Mari kita bersembahyang sesuai dengan bait-bait Puja Trisandya.

Demikianlah jawaban Pandita, semoga memuaskan.

12 comments to Om Swastyastu

  • 1
    Ngakan Pt Bayu Warasmara says:

    OM SUASTI ASTU!!!! Nunas Lugra titiang I Ratu paduka Sang Sulinggih sane Wangiang titiang, titiang I manusa Tambed lan Nista jagi nunas tuntunan, wenten sane banget takenang titiang.
    puniki: Titiang dumun polih meburuh ring kapal pesiar 7 tahun, nanging nenten mresidayang ngaryanin napi-napi,jeg pragat telas manten, nenten je tabungan titiange sane bertambah, kewentenane wantah utang titiange sane numpuk. naenan titiang sampai ngagen bunuh diri ulihan titiang putus asa . Nah sampun nika wenten timpal titiange(Dasaran Cina) nelpon titiang nikaang bahwa Ida Ratu Gde Dalem Ped Duka ring titiang, lan kocap titiang kabawos harus Nyungsung Ida Sesuhunan. Mangkin sejak titiang nikaang nyanggupang jagi ngiring Ida Sesuhunan sampun polih pekaryaan sane becik.Nanging titiang durung me upakara(winten gede), wantah winten Saraswati manten, Mangkin Pitaken titiang: napi manten langkah-langkah maupun persiapan sane patut laksanayang titiang yening jagi NGiring Ida Sesuhunan, titiang bingung, wenten anak wikan sane ngorahin titiang mangde medengen-dengen secepatnya, kewentenan titiange nenten medue cukup jinah anggen ngelaksanayang upakare nike. Wenten anak wikan taler menikaang ten perlu memaksa meupakara dumun yang penting tri kaya parisuda sane kautamaang.Suksema Aturang titiang Ring Cokor I Ratu Sang Sulinggih, ampura titiang wantah jadme tambed nenten uning matur sane patut.

    Ngakan Putu Bayu Warasmara

    • 1.1
      Bhagawan Dwija says:

      @Ngakan Pt Bayu Warasmara: Wenten buku anyar : Babad Nusa Penida, olih Jero Mangku Made Buda, Paramita, Surabaya, 2006. Mangdene uning ring kawentenan Ida Bhatara Dalem Ped; Indik mawinten, jagi ngiring dados tapakan Ida Bhatara, durus mawinten Saraswati (pinih alit)

      • Ngakan Pt Bayu Warasmara says:

        OM SUASTI ASTU!!!!
        Matur suksema banget titiang ring wacanan I ratu Sang Sulinggih, galang manah titiang sampun mangkin, yening dados titiang metaken malih,Dados napi nenten yening titiang nuntun lan ngelinggihang Ida Sesuhunan ring tengahin umah ( kubun tiange BTN/ satu atap) napi harus mekarya genah/ pelinggih diluar rumah?

        sapunike tunas titiang, ampura banget titiang nyungkanin I Ratu
        suksema!!

        • Bhagawan Dwija says:

          @Ngakan Pt Bayu Warasmara: Yen wenten genah ring jaba umah (pekarangan) becik pisan. Nanging yen ten wenten, dados nganggen pelangkiran kemanten, genahang ring jeroan, sampunang ring kamar tidur. Minekadi ring kamar suci utawi yen ten wenten, dados ring ruang makan/keluarga.

          • Ngakan Pt Bayu Warasmara says:

            OM SUASTIASTU!!
            Singgih Pakulun Sang Sulinggih sane Wanggiang Titiang, suksema banget hatur titiang ring ajeng Ratu. wenten atur titiang malih, rencana ibun titiang, maret niki ibun tiange jagi ngelaksanayang pewintenan lan medengen-dengen, titiang sareng mewinten kocap kaanggen pudak, ibun titiange taler ngiring Ida Ratu Gde ring Nusa, sane tunas titiang napike patut pemargine sapunika? yening dados titiang tangkil ring ajeng Ratu, ring gria dije nike Ratu Megenah? dados nenten tiang tangkil untuk berkonsultasi lebih lanjut?

            suksema Hatur titiang ring Ratu Sang Sulinggih sane Wangiang titiang!
            OM SANTHI SANTHI SANTHI OM!!

          • Bhagawan Dwija says:

            @Ngakan Pt Bayu Warasmara: Patut, aedan upacarane : madengen-dengen dumun, wawu mawinten. Pawintenane nganggen ayaban bebangkit utawi catur, mawinan jagi ngiring tapakan Ida Bhatara Ratu Sakti Ped. Yening presida ke Beleleng, telpon dumun tiyang ring 081-338-423-720 mawinan nyabran raina tiyang medal muput utawi medharma wacana. Yening sampun wenten pasemayan, jagi jantos utawi ngerencanayang patemuane mangde becik galang apadang.

  • 2
    Ngakan Pt Bayu Warasmara says:

    Om Suasti astu haturang titiang ring Ratu sang Sulinggih sane wangiang titiang, Suksema agung atur titiang ring Ratu, mangkin titiang sampun ngemargiang pewintenan agung, lan medengen-dengenan ring dina tanggaln 9 maret niki.
    pada saat nguntal mirah dan natab, tiang merasakan rasa hangat di dada, dan semakin lama semakin kedalam rasanya, punapi nike? fenomena napi nike Ratu?

    kaping kalih, apakah sama medengen-dengen sareng majaya-jaya nika?

    Suksema Agung Hatur Titiang, dumogi wenten jodoh, titiang jagi tangkil ring Gria.

    Suksema

    Om santhi santhi santhi om!!!

    • 2.1
      Bhagawan Dwija says:

      @Ngakan Pt Bayu Warasmara: 1. Nguntal mirah pawintenan suksman ipun nunas paica ring Bhatari Saraswati; dadosne mirahe punika sampun nangiang lan nyuciang sanghyang atma sane melinggih ring angga sarira. Manut sekadi tutur yoga, mirah punika sampun nangiang saktin kundalini utawi pitung cakra. Mangkin becikang nyaga kesuciane punika mangde nenten cemer utawi kesepungan. Mejaya-jaya inggih punika runtutan upacara medengen-dengen. Mejaya-jaya becik pisan kemargiang nyabran purnama/tilem, kepaica oleh sang dwijati.

  • 3
    putu asniti utami says:

    maaf sebelumny saya tidak bisa,bahasa bali halus,,sya ingin bertanya n memastikan,,apa benar tiang ngiring ida bhatari durga dewi ring dalem puri…?
    tiang punya pacar bernama putu gede mertanaya,,katanya bahwa dia calon mangku dalem…setelah saya bertanya saya dengan pacar saya,,tidak berjodoh,,apa ad jalan lain buat tiang dan pacar tiang bersatu untuk nikah,,,terimasih

  • 4
    dien says:

    OSA…
    Mohon Maaf ty menggunakan bahasa Indonesia krn ty bukan asli bali.. Ty baru menganut Hindu, dan banyak sekali ty dapatkan setelah masuk Hindu.. Ty percaya sekali karena banyak sekali ty mendapatkan pembuktian, mungkin krn leluhur ty menganut kejawen asli shg ada yg harus kembali lagi..
    Ratu yg ty tanyakan menurut posisi rumah ty saat ini pintu keluar hadap ke selatan (dbilang lebuh) krn pintunya kecil tidak memungkinkan untuk keluar masuk mobil maka mertua buat garasi dmana pintunya menghadap ke barat pas d seberang jalan berhadapan dg pintu garasi ad jalan besar (sekitar 3,5m) dan rumah kami terletak pas d timur jalan besar sebelah utara (nempel dg tembok ad gang/rurung) pas dsebelah selatan (nempel dg tembok ad gang /rurung)..
    waktu itu pas ty sakit & suami sakit pernah tanya ke beberapa jro mangku termasuk jro mangku pura siwa kami, kalau d depan pintu garasi ty seharusnya ada pelinggih Ratu Nyoman Sakti Pengadang Karang, tetapi setelah ty konsultasikan dg mertua mereka menolak mentah2 alasannya krn ty org jawa ga bawa apa dan jangan menambah berat, suami ty jg ga brani menolak ayahnya.. punapi Ratu kl seperti itu, bagaimana u menyikapi mertua ty, apa seharusnya dibuat atau bisa mebanten d atas tembok saja?
    Matur Suksma Ratu..
    OSSSO..

    • 4.1

      Om Swastyastu,

      Ya betul, dalam lontar Kaputusan Sanghyang Anala, posisi rumah anda disebut “karang panes” jadi memang perlu ada pelinggih seperti itu. Namun kita jga harus memperhatikan dan menghormati ortu. Namun janganlah beliau mengatakan “kamu orang Jawa” dst. karena keyakinan Hindu akan melekat kepada pemeluk HIndu, dari manapun ia berasal (etnis, suku, dll).
      Nah jadi jalan keluarnya, buatkan saja pelangkiran menghadap ke luar/jalan terbuat dari kayu, dipakukan di pagar. Setiap hari anda mesaiban disitu untuk mohon keselamatan kepada-Nya.

      Om Santih, santih, santih,Om

  • 5
    angga sila dharma says:

    ampure niki tiang ngangge bahasa indonesia,, tiang jagi metaken akidik manten ring ratu.

    tiang jagi metaken napi nike ciri ciri nyane orang ( manusia) nika ngiring Ida? sakewanten tiang bingung antuk nika

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>