Pejati

QUESTION:

Di saat nangkil di Pura Gunung Salak – Bogor, kami berangkat dengan membawa pejati, tipat akelan dan ajengan.

Sesajen ini kami beli di Pura Rawamangun, di tengan jalan sempat ada keraguan tentang isi dari sesajen ini, apakah sudah lengkap sarana/ elemennya. Akhirnya kami pasrahkan saja.

Tadi malam saudara dekat menanyakan hal yang sama tentang arti sebuah paket pejati, malah menanyakan perbedaannya antara pejati, daksina, santun.

Kami saling pandang, tukar-menukar pendapat dan saling tidak mengerti dengan jelas perbedaan dari pejati, daksina, maupun santun (atau malah pejati dan daksina adalah sama?).

Pertanyaannya:

1. Apa beda diantara ketiga tersebut di atas?

2. Kenapa ada tipat akelan, kenapa mesti akelan? juga ajengan

3. Terdiri dari elemen apa saja paket pejati itu? misalkan beras/ pisang, sebiji/ telur ayam atau bebek?/ kelapa…

Apa makna dari masing2 element penunjangnya, beras melambangkan apa, kelapa gundul/ berkerucut/ utuh? pejati/ daksina/ santun ditujukan ke siapa?..dll

4. Kalau ada suatu sarana/ elemen tidak ada, sebagai penggantinya apa? misalnya beras merah tak ada, bisakah diganti dengan beras putih yang diwarnai merah, adakah suatu syarat ttg warna ini?

Bolehkan berasnya diwarnai cat air?… misalnya, atau bolehkan diganti dengan biji2an tumbuhan lain yang berwarna merah misalnya kacang merah?

5. Ada yang bilang perbedaan pejati/ daksina nya adalah terletak pada buah kelapa, yang satu gundul yang daksinanya mesti ada kerucutnya, sedang santun bener2 satu buah kelapa yg utuh.

6. Ada juga yang bilang fungsi buah pisang adalah sebagai acuan sebagai arah mata anginnya pejati…

Misalnya ditaruh di bagian timurnya sebuah pejati, maka arah meletakkan canang nantinya mesti menghadap si pisang, aneka sarana yang berwarna putih-kuning-hitam-merah disesuaikan dengan arah mata angin itu… benarkah?

7. Kalau sebuah pun pejati/ daksina/ santun tak dapat kami siapkan, adakah mantram penggantinya, bolehkan saya yang awam ini mengucapkan mantram itu? (yang walau tidak hapal bolehkah dalam mengucapkannya sambil membaca/ ngerpek?)…

Suatu saat mecaru saya lihat pemangku yang memimpin upacara juga membaca teks mantram yang mungkin beliau juga tak hapal.

    ANSWER:

    1. Berikut uraiannya

    DAKSINA

    Terdiri atas:

    1. serembeng, simbol arda candra
    2. kelapa dengan sambuk maperucut, simbol brahma dan nada
    3. bedogan, simbol swastika
    4. kojong pesel-peselan, simbol ardanareswari
    5. kojong gegantusan, simbul akasa/ pertiwi
    6. telur bebek simbol windu dan satyam
    7. tampelan, simbol trimurti
    8. irisan pisang, simbol dharma
    9. irisan tebu, simbol smara-ratih
    10. benang putih, simbol siwa

    Dengan demikian maka daksina (baik daksina alit, pekala-kalaan dan krepa) adalah simbol Sanghyang Widhi, stana Sanghyang Widhi, sarana inti yadnya, persembahan terima kasih, dan pesaksi.

    PEJATI

    Adalah gabungan dari: daksina, tegteg, peras, ajuman.

    1. tegteg, simbol kelanggengan/ kestabilan
    2. peras, simbol kebulatan tekad dan bukti persembahan
    3. ajuman, simbol persembahan/ bhakti

    SESANTUN

    Adalah sesayut pengambian terdiri dari:

    1. pengambian, simbol permohonan kehadiran ista dewata
    2. dapetan, simbol anugrah Sanghyang Widhi
    3. peras, lihat di atas
    4. sodaan (lebih banyak jenis rerasmenannya daripada ajuman), simbol persembahan/ bhakti

    2. Akelan berarti enam buah tipat nasi. Enam simbol sad-guna. Tipat itu bagian dari ajuman.

    3. Lihat di atas, semua disebut pesel-peselan: biji-bijian, beras merah-putih.

    4. Beras merah-putih adalah simbol pradana (merah) dan purusa (putih). Jadi belum ada ketentuan bahwa beras merah bisa diganti dengan yang lain.

    5. Lihat di atas

    6. Pisang simbol dharma, filosofinya mencontoh pohon pisang yang walaupun dia tidak berkembang biak melalui buah, tetapi toh dia berbuah, dan buahnya diberikan kepada mahluk lain untuk dimakan.

    Setelah berbuah sekali batangnya terus mati. Ini simbol dana-punia yang sama sekali tidak mengharapkan jasa/ imbalan. Semua banten menggunakan elemen pisang, dan karena keutamaannya diletakkan di arah hulu (timur atau kaja/ gunung)

    7. Daksina adalah banten utama, karena simbol “Ongkara” atau Sanghyang Widhi, di mana unsur-unsur: daun, bunga, buah, biji-bijian, harum-haruman, air dan api ada semua. Bila tidak bisa nanding daksina seperti di Bali, silahkan menggunakan unsur-unsur di atas, dan mantramnya adalah Gayatri.

    6 comments to Pejati

    • 1
      Ngakan Pt Bayu Warasmara says:

      Om Swastiastu!!!!
      Ratu Sang Sulinggih sane wangiang titiang, titiang jagi metaken akidik,titiang nunas pencerahan, apabila kita tangkil ke Pura-pura tanpa makta pejati apakah nika dianggap kurang? contohnya titiang jagi tangkil ke NUSA PENIDA pereragan titiang, sedangkan jumlah pura yang ada disana jumlahnya puluhan, punapiang titiang makta pejati puluhan adidian titiang, ampura titiang nyungkanin, suksema atur titiang Ring Cokor I Ratu Sang Sulinggih.

      • 1.1
        Bhagawan Dwija says:

        @Ngakan Pt Bayu Warasmara: Banten pejati punika yakti banten sane pinih utama, mawinan medaging niyasa-niyasa Sanghyang Widhi, lan cihna bhakti irage majeng ring Ida Bhatara. Yen jagi metirtayatra utawi muspa ngeraga ngider ke Pura-Pura sane akeh, becikan sampunang apisan utawi araina puput. Yen sekadi punika pemargine, pastika sampun uleng bhaktine rered seantukan sampun lesu pisan. Ambil tetiga utawi papat araina, benjangne malih lanturang. Napi ye pikolih ipun yening muspa magegelisan.

    • 2
      I Made Sukerta says:

      Om Suastiastu
      …ampura malih titiang purun nguningayang pemargi sane sampun kamargiang titiang santukan tamis2 pateh sekadi sane jagi kamargiang ring semeton Ngakan Pt Bayu Warasmara…
      Pemargi sane kapaica ring Ida Bhagawan pastika sampun becik lan patut pisan…
      mangkin titiang wantah nyaritayang pemargi sane sampun kamargiang dumogi wenten suksman nyane…Dumun kaping ngawit ttitang jagi rauh tangkil ring Pura Nusa Penida manah titiang sekadi bebingungan ngemanahang indik yadnya pejati…linggih pura akeh yening makta pejati saking Bali sapunapi pemargi ring margi agung(pelinggihan),sapunapi pemargi ring segara (perahu) taler pemargi ring pelabuhan Nusa?tan kemanah antuk…
      Titiang matur parama suksma santukan Ida ledang mapaica waranugraha pemargi,inggih punika:
      *Panjak sane kawilangin anyar(pemargi mapinton) mangda ngatur
      ang pejati/pakeling ring soang2 linggih Ida sami.
      *kalugra numbas yadnya pejati ring Peed/Nusa nanging tan
      kalugra metalang saking Wali/mangda munut pejati asiki saking
      Wali mangda wenten cihna yadnya saking Wali.
      Amunika sane prasida aturang titiang,kirang langkung antuk pemargin titiang ledang arsa kayun ngampurayang…suksma..
      Om shantih,shantih,shantih Om

      • 2.1
        Bhagawan Dwija says:

        Suksma. Nika patut taler anggen pretimimba. Wenten taler pemargi lianan, umpami : Reramon pejati genahang ring sokasi ageng dadosang asiki. Raris sampun rawuh ring Pura, wawu ketanding asiki-asiki, ambil reramon saking sokasine ageng punika. Pikolihne becik, dados irage melajah nanding pejati.

    • 3
      GekW says:

      reramon pejati nike napi..tu
      suksma

    • 4
      Tiya Cintya says:

      Suksma :)

    Leave a Reply

      

      

      

    You can use these HTML tags

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>