Sesayut

QUESTION:

Saya ingin menanyakan tentang banten upacara yadnya yaitu Sesayut. Adapun yang saya ingin tanyakan yaitu:

  1. Bagaimana Filosofi Banten Sesayut itu, atau kenapa bisa dinamakan banten sesayut?
  2. Darimana sebenarnya kata sayut itu
  3. Apa saja jenis dari banten sesayut dan apa makna dari setiap banten sesayut itu? misalnya sesayut pagehtuwuh apa maknanya?

ANSWER:

‘Sayut’ dalam Bahasa Kawi (Jawa Kuno) berasal dari kata ‘asayut’ artinya menahan, atau menguatkan Banten.

Sesayut adalah banten-banten yang bertujuan untuk menguatkan rasa bhakti sekaligus menyampaikan permohonan kepada Sanghyang Widhi untuk tujuan tertentu.

Ada lebih dari 250 jenis banten sesayut yang biasa digunakan di Bali. Salah satu, misalnya Sesayut Pageh Tuwuh artinya banten/ permohonan kepada Sanghyang Widhi untuk kesehatan, umur panjang, dan kesejahteraan.

Pageh artinya kokoh/ kuat, tuwuh artinya umur/ usia. Banten ini digunakan sebagai kelengkapan upakara tiga bulanan, otonan, mawinten, diksa, dll.

25 comments to Sesayut

  • 11
    wiguna says:

    OM Swastyastu Ida Bhagawan tityang nglungsur petunjuk : apakah arti dari tanah paumahan naik kepermukaan (pasir/tanah dari dasar tanah) apakah rumah/pekarangan tsb tak layak dihuni atau bagimana , suksma Ida Bhagan,

    • 11.1

      Om Swastyastu,

      Fenomena itu dinamakan Bhuta Salah Wetu, mengakibatkan karang panes dan membawa gering (sakit) biyuta (pertengkaran/perkelahian) dan ala (halangan lainnya berupa ketidak nyamanan, mimpi buruk, dll). Sebaiknya tanah itu ditinggalkan dan ditanami pohon pisang sampai beranak/berkembang banyak, sekurang-kurangnya 3 tahun jangan ditempati. Atau boleh ditempati terus dengan syarat mengadakan upacara pecaruan yang agak besar yakni caru manca kelud.

      Om Santih, santih, santih, Om

    • 11.2
      lisna says:

      OM Swastyastu Ida Bhagawan tityang nglungsur petunjuk : apakah arti dari tanah paumahan dikelilingi jalan (rurung)apakah rumah/pekarangan tsb tak layak dihuni atau bagimana , suksma Ida Bhagawan,Om Shanti Shanti Shanti Om.

      • Om Swastyastu,

        Menurut Lontar Kaputusan Sanghyang Anala, letak rumah/pekarangan yang dilingkari jalan raya namanya karang panes Teledu Nginyah. Akan menyebabkan penghuninya sakit-sakitan, halangan lainnya, pertengkaran keluarga, dll penderitaan. Kalau bisa dihindari, namun kalau terpaksa, memerlukan caru yang agak besar misalnya caru balik sumpah, diadakan setiap tahun tilem kesanga. Selain itu di luar penyengker, disebelah bangunan lebuh dibangun pelinggih Indrablaka, sebagai stana Bhatara Kala untuk menolak halangan-halangan itu.

        Om Santih, santih, santih, Om

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>