Silsilah Putih Mayong

QUESTION:

Saya ingin tau tentang silsilah putih mayong, dan katanya putih mayong tidak mempunyai pedarman di besakih, benarkah? Kenapa bisa seperti itu?

ANSWER:

Semeton warga Putih Mayong adalah keturunan dari Kiyai Kuda Panolih, di abad ke-7 beliau menjadi Raja di Madura (Jawa Timur). Keturunan beliau datang ke Bali karena berbagai sebab:

  1. Mencari kehidupan (migrasi)
  2. Menjadi tawanan Kiyai Panji Sakti, ketika beliau menggempur Pasuruan dan Madura.

Warga ini kemudian direkrut menjadi inti pasukan Taruna Goak, pasukan gagah berani yang menggetarkan raja-raja di Bali Selatan.

Markas Taruna Goak bagian barat Buleleng ada di Desa Mayong, maka di sanalah banyak berkembang warga Putih Mayong. Dinamakan ‘putih-mayong’ karena memang kebanyakan kulitnya putih-putih.

Di Madura warga Putih Mayong dikenal sebagai “Koneng”

Warga Putih Mayong tidak mempunyai ‘pedarmaan’ di Besakih, karena:

  1. Konsep ‘pedarmaan’ adalah konsep dari Dalem Waturenggong, Raja di Gelgel, bersama Purohita beliau: Danghyang Nirartha.
  2. Warga Putih Mayong tidak dikenal di Bali Selatan atau bagian Bali lainnya. Hanya ada (mula-mula) di Buleleng.

32 comments to Silsilah Putih Mayong

  • 11
    Putu Mayong says:

    Yth Seluruh warga Soroh PUTIH MAYONG ,

    Saya pribadi sangat senang dan berbahagia melihat beberapa pertanyaan mengenai Jati diri dan leluhur mereka yang disampaikan lewat rubrik/media ini. Apa yang sudah dijelaskan oleh Ratu Bhagawan akan sangat bermamfaat bagi umat kami khususnya keluarga PUTIH MAYONG. Namun demikian saya selaku warga/soroh PUTIH MAYONG tetap menghimbau agar apa yang dijelaskan TIDAK sepenuhnya benar atau diterima ( contoh : Beliau mengatakan bahwa warga Putih Mayong memiliki Pedharman di Pura Besakih . Tapi kenyataannya menurut informasi yang ada dari pengelingsir kami bahwa Putih Mayong tidak memiliki Pura Pedarman di Besakih . PUTIH MAYONG hanya memiliki Pedarman di Desa Mayong yaitu : Pura DALEM KERTA . Ini adalah salah satu contoh argumen saya agar nantinya tidak terjadi penafsiran yang berbeda ).Dengan demikian saya tetap menyarankan kepada warga PUTIH MAYONG dimanapun berada agar bisa datang dan mohon informasi langsung kepada Pengelingsir yang mengetahui sejarah PUTIH MAYONG di MAYONG. mereka bisa datang langsung ke Desa Mayong atau ke kantor Sekretariat Ikatan Keluarga PUTIH MAYONG di Seririt.Demikian informasi dari saya semgoa bermamfaat dan beberapa waktu lalu kita sudah menemukan beberapa Lontar / MAYA TATWA sebagai referensi perjalanan sejarah leluhur kita. Yakinlah keluarga keturunan PUTIH MAYONG sangat banyak di BALI bahkan diluar Bali . Mengingat sejarah PUTIH MAYONG sudah ada sejak berabad-abad lalu. Mari kita satukan pandangan/konsep / ide demi persatuan dan kebersamaan kita. Semoga Ida Sanghyang Widhi maupun leluhur kita memberikan tuntutan dan kedamaian kepada kita semua.
    Suksma – PUTU ORBAWAN ( Putu Awan )/ 087 865 251 112
    Desa MAYONG

  • 12
    Dewa PT Gunung, ST. No hp 08123995718 says:

    Om Swastyastu. Saya ikut nimbrung mengenai Pedarman Semeton Warga Putih Mayong di Besakih. Dikisahkan pada zaman dahulu Ide Manik Angkeran menikah dengan anaknya Ki Dukuh Belatung bernama Ni Luh Warsiki melahirkan IDe Banyak Wide, kemudian IDe Banyak Wide mempunyai 3 anak laki laki. 1. Arya Adhikara alias Ranggalawe. 2. Arya Penatih. 3. Arya Kuda Ponolih alias Arya Kuda Pengasih yang berkedudukan dan berkuasa di Madura dan keturunan inila yang ditawan dan di rekrut oleh Panji Sakti sebagai pasukan taruna gowak yang di tempatkan di desa Mayong sebagai pengawitanya dan Pedarmannya di Besakih adalah di Pure Batu Madeg tempat linggih IDe Manik Angkeran karena Arya Kuda Ponolih adalah cucu dari Manik Angkeran.

  • 13
    Dewa PT Gunung, ST. No hp 08123995718 says:

    Om Swastyastu. Saya ikut nimbrung mengenai Pedarman Semeton Warga Putih Mayong di Besakih. Dikisahkan pada zaman dahulu Ide Manik Angkeran menikah dengan anaknya Ki Dukuh Belatung bernama Ni Luh Warsiki melahirkan IDe Banyak Wide, kemudian IDe Banyak Wide mempunyai 3 anak laki laki. 1. Arya Adhikara alias Ranggalawe. 2. Arya Penatih. 3. Arya Kuda Ponolih alias Arya Kuda Pengasih yang berkedudukan dan berkuasa di Madura dan keturunan inilah yang ditawan dan di rekrut oleh Panji Sakti sebagai pasukan taruna gowak yang di tempatkan di desa Mayong sebagai pengawitanya dan inilah yang menyebut jati dirinya sebagai Putih Mayong dan Pedarmannya di Besakih adalah di Pure Batu Madeg tempat linggih IDe Manik Angkeran karena Arya Kuda Ponolih adalah cucu dari Manik Angkeran.

  • 14
    Nengah Rinata says:

    Om Swastiastu,
    Yth. Ratu Bhagawan Dwija, pada no 5.1 Singgih Bhagawan katakan :Putih Mayong adalah keturunan Dalem Madura.
    Apakah Dalem Madura sama dengan Rsi Madura ( cucunya Rsi Markandeya ).
    Suksma,
    Om Santih, santih, santih, Om…

  • 15
    Gusti Subawa says:

    Om Swastiastu,
    Yth. Ratu Bhagawan Dwija,
    maaf sebelumnya saya ingin menanyakan cara membuktikan saya ini adalah keturunan dalem madura,
    saya berasal dari jero gede padangbulia.
    karena sampai saat ini saya blm mendapat jawaban pasti dari keluarga saya.
    suksma.
    Om Santhi Santhi Santhi Om.

  • 16
    gusti ngurah adi sanjaya says:

    om swastiastu titiang saking warga
    mayong,mau tanya kenapa saya keturunan dari sri narya kresna kepakisan tinggal di mayong?

  • 17

    We are a group of volunteers and starting a brand new scheme in our community.

    Your site offered us with helpful info to work on. You have done an impressive task and our entire community will
    be thankful to you.

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>